TUTORIAL CARA MEMBUAT TAB DI WORKSHEET MICROSOFT EXCEL | TUTORIAL EXCEL


Sunday, September 8, 2019

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

     kali ini saya akan membagikan tutorial cara membuat tab di worksheet microsoft excel dengan tujuan untuk memudahkan meninjau data yang sangat banyak sekaligus sehingga dapat meninjau banyak data dalam area yang kecil dengan sekali tekan. contoh dari tutorial ini bisa dilihat di bawah ini...



BERIKUT CARA MEMBUAT TAB DI WORKSHEET EXCEL :


  1. Siapkan data yang akan digunakan.
  2. Pastikan menu Developer sudah terbuka, jika belum bisa ikuti tutorial untuk membuka menu Developer disini.
  3. Buat shape sebagai media mengganti tab nantinya dengan cara pilih menu "Insert", pilih "Shape", pilih bentuk persegi/persegi panjang.
  4. Setelah pilih dan mengatur bentuk sesuai kebutuhan, selanjutnya adalah copy shape tersebut sebanyak yang kita butuhkan (misal: kita ingin membuat 3 tab, jadi kita kopi shape sebanyak 6 kali {2 kali tab yang kita butuhkan}) dengan cara tekan "CTRL+D".
  5. Pisahkan objek menjadi 2 bagian (Tab On & Tab Off) pilih objek yang digunakan untuk Tab On, klik kanan, pilih "Format Objek", pada kolom Fill pilih "Gradient Fill", atur sesuai keinginan. Setelah itu pastikan untuk objek Tab Off gunakan warna yang lebih terang untuk membedakan dengan Tab On.
  6. Buat objek baru yang berfungsi sebagai pembatas tempat data yang akan ditampilkan. Setelah memilih objek shape yang sesuai, pada menu "Format", pilih "Shape Fill", pilih "No Fill". kemudian letakkan shape di tempat yang akan digunakan sebagai penampil data.
  7. Setelah itu, pilih semua shape, klik kanan, pilih "Size and Properties", pada kolom "Properties" pilih "Don't move or size with cells".
  8. Letakkan Tab On ke tempat yang diinginkan, beri nama pada setiab Tab On dengan cara klik 2x (Contoh: Puasa Ramadan, Puasa Muharram & Puasa Daud). Begitupun untuk Tab Off beri nama sesuai dengan Tab On.
  9. Pilih semua shape, pada menu "Format" pilih "Align Bottom", setelah itu sesuaikan letak tab tersebut.
  10. Pilih shape dengan tulisan (Puasa Ramadan) pada Tab On dan Tab Off, pada menu "Format" pilih "Align Left". Lakukan hal yang sama pada Tab lainnya.
  11. Setelah itu pilih menu "Developer" (Jika kalian belum membuka menu Developer, bisa kalian ikuti tutorial membuka menu Developer disini).
  12. Pada menu "Page Layout" pilih "Selection Pane". Ganti nama setiap shape sesuai dengan Tab on dan Tab Off guna memudahkan untuk memasukkan rumus nantinya. (Lihat video dibawah untuk lebih jelasnya!!!)
  13. Setelah lembar VBA sudah terbuka, pada Sheet 1, klik kanan, pilih "Insert", pilih "Module".
  14. Masukkan rumus (Kode sudah ada dibawah, tinggal copy paste DATA 1 ke moodul VBA)... untuk lebih jelasnya silahkan lihat video di bawah!!!. Setelah selesai, close VBA.
  15. Setelah kalian memasukkan data VBAnya, buka lagi menu "Page Layout",  pilih "Selection Pane", pilih masih masing-masig tab on dan tab off yang sama namanya, klik kanan, pilih "Assign Macro..", pilih macro name sesuai tab, OK. Lakukan hal yang sama pada tab yang lainnya.
  16. Cek, apakah sudah sesuai keinginan.
  17. Save dengan format ".xlsm"
Video Tutorial :



Jika anda ingin memberikan masukan/kritik bisa coment dibawah!!! agar saya dapat membuat yang lebih baik lagi agar lebih mudah untuk dipahami...

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

0 komentar:

Sahabat Arjun © 2012 ·